barcelona berbahaya

Tiga bulan lalu, ketika La Liga Spanyol 2008-09 baru menggulirkan dua pertandingan, keputusan Barcelona mengangkat ‘pelatih hijau’ Pep Guardiola dianggap sebuah kesalahan. Pengalaman minim Guardiola diklaim sebagai biang keladi kekalahan 0-1 dari tim promosi Numancia dan ditahan imbang 1-1 Racing Santander.

Kini, tiga jornada sebelum paruh pertama musim, pelatih berusia 37 tahu itu panen sanjungan. Pasca dua hasil tidak menggembirakan itu Barca begitu superior. Tanpa terkalahkan, Azulgrana merajai puncak klasemen dengan selisih delapan poin dari Valencia dan Sevilla di posisi terdekat.

Grafik performa Barca begitu konsisten, tidak peduli lawan yang dihadapi berat sekalipun. Sevilla, Valencia dan Real Madrid yang merupakan seteru abadi dibantai berturut-turut dengan skor meyakinkan. Sevilla disikat 3-0, Valencia 4-0 dan Madrid dihajar 2-0, Minggu dinihari (WIB) lalu.

Sanjungan salah satunya datang dari mantan pelatih dan Wakil Presiden Klub, Sandro Rossell. Dengan penuh keyakinan Rossell percaya bahwasanya Guardiola akan menjadi seperti Sir Alex Ferguson di Manchester United. Maksudnya, rezim Guardiola akan sama-sama panjang dan dihiasi kesuksesan demi kesuksesan.

“Pemikiran ideal jika Guardiola menjadi (Sir) Alex Ferguson-nya Barcelona karena hal itu akan memberikan klub kestabilan yang sangat diperlukan,” sahut Rossell kepada Catalunya Informacio, seperti yang dilansir Goal.

Entah kebetulan atau tidak, pernyataan Rossell senada dengan hasil survey yang dilakukan harian olahraga yang berbasis di Barcelona, AS, yang menanyakan apakah fans berharap dan yakin Guardiola bisa menjadi Ferguson di Barca. Sangat mencolok, 90 persen mengatakan ‘ya’, sedangkan sisanya atau sebanyak 10 persen mengatakan ‘tidak’.

Tapi apa yang disampaikan Rossell hanya sebuah opini, dan survey hanya sekadar survey. La Liga memiliki reputasi buruk mengenai pergantian pelatih, saking cepatnya. Ferguson kini sedang mengarungi tahun ke-22 di Old Trafford. Mau tahu pergantian pelatih di Nou Camp selama periode tersebut? Sudah 14 kali.

0 komentar:

Animations - soccer ball 2