liverpool fc

Arsenal Tumbang, MU Naik ke Peringkat Ketiga
Getty Images/Laurence Griffiths / Kompas Images
Steven Gerrard dari Liverpool mencetak gol kedua pada pertandingan lanjutan Liga Primer Inggris antara Liverpool dan Bolton Wanderers di Stadion Reebok, Bolton, Sabtu (15/11).
Minggu, 16 November 2008 | 03:00 WIB

London, Sabtu - Liverpool menghadiahkan Sabtu malam yang indah bagi penggemarnya ketika pada Sabtu (15/11) sore di Stadion Reebok, Bolton, memukul tuan rumah Bolton Wanderers dengan dua gol tanpa balas. Tiga poin dari Bolton membawa ”The Reds” kembali ke puncak klasemen Liga Inggris dengan 32 angka.

Kokohnya Liverpool di tangga teratas bisa tergoyahkan oleh Chelsea, yang saat berita ini diturunkan masih menjalani laga tandang di Stadion The Hawthorns melawan West Bromwich Albion. Jika menang, dan itu tak sulit karena West Brom kini juru kunci, ”The Blues” menggusur Liverpool dari puncak.

Kado bagi fans Liverpool lahir dari dua gol oleh Dirk Kuyt, menit ke-28, dan Steven Gerrard, menit ke-73. Dengan hasil positif dari Stadion Reebok ini, Liverpool mencatat enam kemenangan dari tujuh laga terakhir Liga Primer. Satu-satunya partai yang berakhir tanpa kemenangan tak lain saat takluk 1-2 dari Tottenham Hotspur, 1 November lalu.

Hasil ini juga kebangkitan penting setelah Rabu lalu mereka kalah 2-4 di ajang Piala Liga (Carling Cup), lagi-lagi dari Tottenham Hotspur. Yang lebih penting lagi bagi Liverpool, kemenangan ke-10 itu juga menandai upaya Liverpool meraih gelar Premiership sudah berada di rel yang benar.

Dominasi sejak ”kick off”

Dominasi Liverpool sudah terasa sejak babak pertama. Dari data ball possession situs BBC, meski menjadi tim tamu, The Reds mendominasi babak pertama dengan penguasaan bola 61 persen, sedangkan Bolton hanya 39 persen. Tak heran, Liverpool juga lebih punya banyak kans pada paruh laga pertama. Pada menit ke-17, misalnya, sundulan Daniel Agger dari jarak dekat melenceng ke kanan gawang.

Dominasi The Reds berlanjut dengan peluang melalui Javier Mascherano, Xabi Alonso, dan Gerrard. Namun, beberapa kans itu gagal menjadi gol, hingga lahir gol pertama oleh Kuyt. Penyerang asal Belanda itu menyundul bola dengan terarah ke sudut kanan gawang Jussi Jaaskelainen. Kiper asal Finlandia itu sudah berusaha meraih bola, tetapi gol tak terelakkan.

Pada babak kedua, Pelatih Liverpool Rafael Benitez melakukan pergantian signifikan. Striker Robbie Keane ditarik keluar, digantikan Fernando Torres, yang di luar dugaan menjadi cadangan. Torres yang masuk lapangan pada menit ke-58 itu membuktikan diri sebagai striker berkualitas, dengan beberapa kali membikin pergerakan berbahaya.

Puncaknya, mantan penyerang Atletico Madrid itu memanfaatkan kelengahan lini belakang Bolton dan mengirim umpan lambung ke depan gawang. Gerrard yang sudah menunggu bola, menanduk ke arah gawang dan lahirlah gol kedua. Bolton punya dua peluang emas melalui Ricardo Gardner. Namun, striker asal Jamaika itu layak kecewa karena ia gagal menyumbangkan gol. Kesialan Gardner adalah lanjutan nasib apes Bolton, yang punya satu gol dianulir pada babak pertama. Wasit Rob Styles tidak mengesahkan gol karena didahului pelanggaran oleh Gary Cahill.

Di Stadion Emirates, tuan rumah Arsenal menelan pil pahit saat tumbang 0-2 dari Aston Villa, yang kini di urutan kelima. Dua gol Villa lahir dari gol bunuh diri Gael Clichy, dan Gabriel Agbonlahor. Kekalahan ini membuat ”The Gunners” turun satu tingkat ke posisi keempat.

Giliran MU yang bertengger di peringkat ketiga seusai menang telak 5-0 atas Stoke City. Dengan tiga poin tambahan, kini poin MU menjadi 24. Villa yang sukses menumbangkan Arsenal tetap di urutan kelima dengan 23 poin, sama dengan perolehan Arsenal, tetapi kalah selisih gol.

Hasil lain Sabtu: Blackburn Rovers vs Sunderland 1-2, Fulham vs Tottenham 2-1, West Ham vs Portsmouth 0-0, Newcastle vs Wigan 2-2. (AFP/ADP)

0 komentar:

Animations - soccer ball 2